Cara Mengendalikan Penyakit Tekanan Darah Tinggi Tanpa Menggunakan Obat-Obatan

Obat-obatan tidak selalu merupakan satu-satunya cara untuk mengendalikan penyakit tekanan darah tinggi. Dalam beberapa kasus, dokter anda mungkin merekomendasikan beberapa perubahan gaya hidup yang dapat membantu anda mengendalikan tekanan darah tinggi tanpa perlu mengkonsumsi obat. Dr Santosh Kumar Dora yang merupakan seorang ahli senior fisiologi elektrofen jantung di Asian Heart Institute (AHI) berbagi beberapa cara yang tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan untuk mengendalikan tekanan darah tinggi (hipertensi).

 

  1. Melakukan Diet DASH

      Hal pertama yang paling penting dilakukan untuk mengendalikan hipertensi tanpa mengkonsumsi obat adalah memberikan perhatian khusus terhadap diet yang anda lakukan. Terapkan diet DASH (Dietary Approach to Stop Hypertension) yang terdiri dari buah-buahan, sayuran, produk susu rendah lemak, asupan rendah garam, dan sedikit asupan lemak.

     

  2. Mengurangi Konsumsi Makanan Non-Vegetarian

      Penderita penyakit tekanan darah tinggi tidak boleh mengkonsumsi daging merah dan makanan laut. Selain itu penderita hipertensi harus membatasi memakan ayam dan ikan tanpa tulang (boneless chicken and fish). Oleh karena itu pastikan sebagian besar makanan anda sarat dengan buah dan sayuran segar.

     

  3. Berolahraga Setiap Hari

      Anda tidak mesti menjadi seorang penggila (maniak) fitness atau tahu secara rinci tentang latihan yang mesti dilakukan untuk memastikan diri anda aktif secara fisik. Berjalan selama 30 menit setiap hari selama lima hari dalam seminggu adalah semua yang perlu anda lakukan untuk menjaga tekanan darah anda tetap terkendali.

     

  4. Menurunkan Berat Badan

      Tak perlu diragukan lagi bahwa semakin banyak lemak yang ada di sekitar pinggang anda maka semakin tinggi pula risiko hipertensi yang anda hadapi. Oleh karena itu hilangkan lemak yang ada di sekitar pinggang dengan melakukan diet ketat yang tidak mengandung makanan kaya lemak dan daging merah serta melakukan olahraga secara teratur.

     

  5. Memperhatikan Kandungan Garam (Sodium) dalam Diet

      Faktor risiko utama yang dapat meningkatkan tekanan darah anda adalah asupan garam yang berlebihan dalam makanan. Oleh karena itu kurangilah mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak garam dan juga kurangilah makan di luar karena makanan di restoran biasanya mengandung banyak garam. Sebagai gantinya makanlah makanan rumahan dan mengkonsumsi makanan yang kaya dengan kalium seperti pisang dan labu.

     

  6. Mengkonsumsi Minuman Beralkohol Secukupnya

      Jangan mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan tapi minumlah secukupnya karena segala sesuatu yang berlebihan bisa membahayakan kesehatan anda. Selain itu, jika anda memakan obat tekanan darah tinggi dengan minuman beralkohol dapat menurunkan efektifitas obat tekanan darah tinggi yang anda konsumsi.

     

  7. Mengurangi Stress

      Anda dapat mengurangi stress yang anda alami dengan memahami bahwa anda tidak dapat mengendalikan semua hal yang terjadi dalam kehidupan ini. Anda dapat mengendalikan stress dengan menjauhi hal-hal yang dapat menyebabkan stress dan memastikan diri anda merasa rileks selama beberapa saat setelah seharian bekerja. Selain itu dengan melakukan meditasi, menyalurkan hobi, dan melakukan yoga dapat membantu mengurangi stress.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *