Gejala Penyakit Tekanan Darah Rendah yang Perlu Diketahui dan Diwaspadai

Hal terburuk terkait tekanan darah adalah anda tidak tahu tekanan darah tubuh sebenarnya tinggi atau rendah jika tidak diperiksa. Dan hampir semua orang tidak tahu apa yang harus dilakukan jika tekanan darah anda ternyata terlalu tinggi atau terlalu rendah. Jika tekanan darah anda meroket naik maka hal itu bisa berakibat fatal tapi ingatlah bahwa tekanan darah rendah juga sama bahayanya. Kehidupan anda bisa berakhir tanpa darah yang mencapai otak dan jantung anda. Berikut ini adalah beberapa gejala tekanan darah rendah yang harus anda waspadai.

    1. Pusing
        Gejala ini kadang kala dialami jika anda mengubah posisi seperti bangun setelah duduk terlalu lama, berdiri berjam-jam, atau langsung berdiri setelah selesai makan. Jangan abaikan begitu saja jika anda mengalami hal ini terlalu sering.

       

    2.  Pingsan
        Sirkulasi darah ke otak akan berkurang karena tekanan darah yang menurun. Hal ini akan mengakibatkan diri anda kehilangan kesadaran jika terjadi dalam waktu lama.

       

    3. Penglihatan Kabur dan Berbayang

        Peredaran oksigen dan nutrisi yang sedikit ke organ-organ vital tubuh karena kekurangan aliran darah yang menuju organ vital akan mengakibatkan fungsi organ tubuh menjadi terhambat. Inilah yang menyebabkan penglihatan anda menjadi kabur dan berbayang di saat tekanan darah tubuh rendah.

       

    4. Detak Jantung Tidak Teratur
        Jantung adalah salah satu organ tubuh yang paling terpengaruh saat tekanan darah turun. Detak jantung yang cepat dan tidak normal bisa menjadi salah satu penyebab tekanan darah rendah. Katup jantung yang berkontraksi dengan cepat tidak memiliki cukup waktu untuk diisi dengan darah sebelum setiap kontraksi yang terjadi dan volume darah yang dipompa akan menurun meskipun detak jantung lebih cepat.

       

    5. Sesak Napas
        Detak jantung tidak teratur yang terjadi di saat tekanan darah rendah juga bisa menimbulkan sesak napas.

       

    6. Kulit pucat
        Kurangnya aliran darah yang mencapai kulit akan mengubah warna kulit dan menyebabkan kulit terlihat pucat dan sakit.

       

    7. Kelelahan
        Ini adalah gejala tekanan darah rendah yang tidak disadari oleh banyak orang. Aliran darah yang tidak mencapai organ vital bisa menyebabkan tubuh terasa lelah.

       

    8. Leher Tegang
        Otot leher anda memainkan peran penting dalam mengendalikan tekanan darah, detak jantung, dan pernapasan. Adalah hal yang wajar bila otot leher terasa tegang seperti mau lepas di saat tekanan darah rendah.

       

    9. Berkeringat
        Kehilangan cairan tubuh melalui keringat juga mungkin terjadi sewaktu tekanan darah rendah. Namun, keringat berlebihan yang terjadi sewaktu tekanan darah rendah dapat mengindikasikan suatu keadaan darurat dalam kasus tertentu.

       

    10. Muntah
        Jika tekanan darah anda turun tepat setelah anda baru saja makan dan diikuti dengan rasa pusing maka kemungkinan besar anda akan muntah.

       

    11. Depresi
        Kurangnya aliran darah yang sampai ke otak memicu perubahan suasana perasaan (mood) dan mengakibatkan munculnya depresi.

       

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *